Langsung ke konten utama

RIZKI ITU PASTI, KEMULIAAN HARUS DICARI - NHW#7

NHW#7 - TAHAPAN MENUJU BUNDA PRODUKTIF

foto koleksi pribadi dan hasil baking sendiri

Bunda dan calon bunda yang masih semangat belajar sampai NHW #7. Selamat, anda sudah melampaui tahap demi tahap belajar kita dengan sabar. Setelah kita berusaha mengetahui diri kita lewat NHW -NHW sebelumnya, kali ini kita akan belajar mengkonfirmasi apa yang sudah kita temukan selama ini dengan tools yang dibuat oleh para ahli di bidang pemetaan bakat. 




Ada banyak tools yang sudah diciptakan oleh para ahli tersebut, diantaranya dapat dilihat secara online maupun offline yang bisa kita pelajari. Salah satu tools yang bisa dicoba adalah www.temubakat.com yang kebetulan kita bisa mengkonfirmasi langsung ke penciptanya yaitu Abah Rama Royani, yang sering menjadi guru tamu di komunitas Ibu Profesional. Apabila teman-teman lain memiliki tools tentang pemetaan bakat ini yang bisa dikonfirmasi ulang ke penciptanynya silakan dipakai, sehingga kita jadi lebih banyak paham tentang berbagai alat konfirmasi bakat kita.

Segera cocokkan hasil temu bakat tersebut dengan pengalaman yang sudah pernah teman-teman tulis di NHW#1 – NHW #6. Semua ini ditujukan agar kita bisa masuk di ranah produktif dengan BAHAGIA.

Amati hasil dan konfirmasi ulang dengan apa yg anda rasakan selama ini kemudian lampirkan hasil ST30 (Strenght Typology) di Nice Homework #7. Setelah mengkonfirmasi ulang bakat kita dengan tools yang ada, kami sarankan jangan percaya 100%.

Silakan konfirmasi ulang hasil tersebut sekali lagi dengan mengisi pernyataan aktivitas apa yang anda SUKA dan BISA selama ini.


Buatlah kuadran aktivitas anda, boleh lebih dari 1 aktivitas di setiap kuadran :

Kuadran 1 : Aktivitas yang anda SUKA dan anda BISA
Kuadran 2 : Aktivitas yang anda SUKA tetapi andaTIDAK BISA
Kuadran 3 : Aktivitas yang anda TIDAK SUKA tetapi anda BISA

Kuadran 4: Aktivitas yang anda TIDAK SUKA dan anda TIDAK BISA


Jawab :

Berikut ini adalah hasil tes potensi saya dengan tools http://temubakat.com


Annisa Tiara Arsy, anda adalah orang yang suka sekali mengatur penempatan atau penugasan orang, dapat merasakan perasaan orang lain baik sedang gembira maupun sedang sedih, berani menghadapi orang secara empat mata,keras kepala, berani mengambil alih tanggung jawab, memiliki sifat analitis dan banyak idea, senang mengkomunikasi idea nya, suka mengumpulkan berbagai informasi dan teratur, senang memotivasi dengan berbagai cara ada yang melalui sifat periangnya ada yang melalui sifat empatinya ada juga karena selalu ingin memajukan orang lain, analitis juga rapih teratur dan bertanggung jawab.

Berdasarkan hasil pemetaan potensi di atas saya akui 99% sesuai dengan diri saya. Namun ada baiknya jika saya mengkonfirmasi ulang dengan mengkategorikannya ke dalam beberapa aktivitas yaitu BISA dan TIDAK BISA dalam sebuat kuadran berikut 


Berdasarkan kuadran aktivitas di atas dan mereview NHW#1 sampai dengan NHW#6 bahwa memang benar bahwa kegiatan rutin akan menambah jam terbang kita untuk kemudian menjadi bisa dan ahli. Untuk itu saya akan terus mencoba mempertahankan semangat untuk melakukan aktivitas yang saya SUKA dan BISA (kuadran biru) sembari terus mengasah kemampuan saya pada aktivitas yang saya SUKA namun TIDAK BISA (kuadran hijau tua). Sedangkan untuk aktivitas di kuadran berwarna orange dan hijau muda akan saya perbaiki terkait aktivitas yang positif dan membawa kebaikan bagi sekeliling saya. 

Demikian hikmah positif yang saya peroleh dari NHW#7, semoga dengan begitu bisa memudahkan saya untuk mencapai target sesuai indikator yang saya buat di NHW#2 yaitu indikator profesional saya sebagai individu, istri dan ibu. Semoga saya terus semangat belajar dengan jurusan ilmu yang telah saya pilih di NHW#1 dan dapat didukung oleh suami untuk bersinergi bersama sehingga NHW#3 yaitu Membangun Peradaban Dari Dalam Rumah bisa tercapai juga. Aamiin.


Tiara

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NEGRO BRAND - kembalikan rasa yang dulu

Sabtu, 23 Januari 2016 di kota kembang. Pagi yang cukup dingin dan langit yang mendung cocok untuk menelusuri beberapa icon-icon kota Bandung. Ya benar dimana lagi kalau bukan alun-alun bandung. Disana ada Masjid Raya Bandung dengan rumput sintetisnya sehingga nampak hijau seluas mata memandang, gedung Merdeka, dll. Fokus saya bukan untuk menceritakan tempat-tempat tersebut. Namun, ada satu tempat yang membuat saya rindu untuk datang ke Bandung karena mengingatkan masa kecil saya bersama almarhumah mami (red nenek) dan mama.    Sebuah bangunan atau rumah bergaya Belanda yang tampak mungil dari halaman namun luas setelah kita masuk ke dalamnya. Tak banyak aksesoris mentereng di rumah ini. Sungguh biasa saja. Tempat itu adalah toko selai langganan nenek dan mama saya. Usaha kos-kosan untuk mahasiswa ITB (karena rumah nenek disekitar ITB) yang membuat beliau harus berlangganan di toko selai ini. Dulu anak kost tidak makan sendiri di luar seperti sekarang. Dulu semua disediakan si

Mendidik Dengan Kekuatan Fitrah - NHW#4

Alhamdulillah terasa sekali beberapa minggu ada di dalam komunitas IIP ini. Banyak belajar hal baru dan punya teman baru atau malah keluarga baru. Setiap pekannya harus fokus dan semangat dengan materi yang diberi karena saya pernah membaca sebuah buku bahwa tiga karakter orang sukses yaitu : 1.       Punya semangat yang tinggi 2.       Disiplin waktu 3.       Tinggalkan yang tidak penting Ketiga ciri-ciri tersebut haruslah saya miliki. Tentu tak terlahir begitu saya namun diupayakan dan dilatih terus menerus agar tumbuh dalam akhlak keseharian. Nah di IIP ini, menurut saya mencakup pembelajaran yang saya sebutkan di atas. Sudah diterima menjadi mahasiswa IIP maka tanamkan semangat yang tinggi untuk belajar, disiplin waktu misalnya dengan membuat kandang waktu dan tinggalkan lah apa-apa yang tidak penting. Jangan sampai hanya ke sia-sia an yang kita jalani sedangkan saya percaya usaha tak pernah mengkhianati hasil. Materi kali ini cukup berat buat saya begitupun juga den

Fiori bnb - Hotel Bertabur Bunga

Bandung, siapa yang tidak tahu kota ini. Paris Van Java sebutan kerennya selain Kota Kembang yang memang lebih dulu julukan itu disematkan. Udara yang sejuk, tempat wisata instagramable dan cafe-cafe unik menjadi beberapa daya tarik yang tak dapat dipungkiri menjadi alasan bagi wisatawan untuk mengunjungi kota ini. Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Ibu Kota membuat Bandung menjadi salah satu destinasi yang paling digandrungi. Macet? ahh sudahlah bisa disiasati dengan menggunakan moda transportasi kereta api yang makin hari makin baik pelayanannya. Namun, bagaimana untuk penginapan atau hotel?. Ini juga sudah tidak perlu dikhawatirkan lagi oleh para wisatawan. Berjamurnya penginapan di Bandung mulai harga yang murah sampai yang sangat mahal per malam nya. Mulai dari guest house sampai hotel berbintang lima pun ada di Bandung.   Kembali kepada kebutuhan kita saja dan   Bandung bagian mana yang ingin dituju. Hal ini sungguh perlu dipertimbangkan, selain menghemat waktu karena Ban